PPC Lokal Indonesia

Sunday, May 11, 2014

KHASIAT DAN MANFAAT BUAH DAN SAYURAN

Khasiat-Manfaat Buah Dan Sayuran Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Dan Sayuran

Buah dan sayuran oleh sebagian masyarakat dimanfaatkan hanya sebagai pelengkap makanan. Buah menjadi makanan yang dihidangkan diakhir acara makan utama, sebagai cuci mulut. Sayuran  disajikan hanya sebagai teman hidangan utama, hanya sebagai lalapan. Namun sudah sejak lama, secara tradisional buah dan sayuran sudah digunakan sebagai obat yang dinyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit.
Manfaat Buah Dan Sayuran
Manfaat Buah Dan Sayuran

Phytochemicals Dan Phytonutriens

Buah dan sayuran kaya dengan berbagai zat kimia aktif dan nutrisi. Zat kimia aktif yang terkandung dalam buah dan sayuran disebut phytochemicals, sedangkan zat nutrisi yang terkandung di dalamnya disebut phytonutriens.
Buah merupakan sumber yang mengandung sejumlah zat antioksidan dan fitokimia seperti vitamin C, flavonoid, karoten, dan poliphenol. Beberapa buah juga mengandung gula alami seperti fruktosa dan glukosa yang cukup banyak.
Sayuran mengandung karbohidrat, lemak, serat, mineral, protein dan berbagai nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.
Buah dan sayuran dapat memberikan dan memenuhi zat dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan berbagai zat fitokimia dan fitonutrisi-nya buah dan sayuran bermanfaat bagi kesehatan seperti, pencegahan penyakit, pengobatan, sampai penyembuhan.
Beberapa artikel yang membahas tentang khasiat dan manfaat dari buah dan sayura dapat dibaca pada artikel di bawah. Klik Judul yang sesuai Di bawah.
1. Khasiat Bawang Putih
2. Khasiat Buah-Daun Pare
3. Khasiat Manfaat Buah Pepaya
4. Khasiat Manfaat Buah Pisang
5. Khasiat Manfaat Buah Sayuran Wortel
6. Khasiat-Manfaat Buah Semangka
7. Khasiat-Manfaat Kulit Buah Manggis
8. Manfaat-Khasiat Buah Advokad
9. Manfaat-Khasiat Daun Seledri


Manfaat Sayur-Sayuran Bagi Tubuh Manusia

Manfaat Sayur-Sayuran bagi Tubuh Manusia
Sayur-sayuran termasuk dalam daftar makanan yang harus dikonsumsi setiap hari. Seperti halnya buah-buahan, sayuran juga menyuplai serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memperlancar proses pencernaan.
Akan tetapi, ternyata tidak hanya itu manfaat sayuran bagi kesehatan. Serat yang terdapat sayuran juga berfungsi untuk mengikat kolesterol jahat di dalam saluran pencernaan sehingga kolesterol tersebut tidak dapat diserap kembali oleh tubuh.

Dr. Charles Klien, seorang ahli gizi dari New York menyebutkan bahwa manfaat sayuran dan buah, terutama yang dibuat menjadi jus, dapat menghilangkan lemak di dalam tubuh, menghilangkan kolesterol jahat, dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Banyak sekali jenis sayuran yang dapat kita pilih untuk dikonsumsi, baik untuk dimasak, dimakan sebagai lalap, atau dibuat menjadi jus. Dibuat seperti apa pun, kita masih tetap bisa merasakan manfaat sayuran bagi kesehatan kita.

Mengenal Beberapa Jenis Sayuran dan Manfaatnya
Berikut ini beberapa jenis dan manfaat sayuran bagi tubuh kita:
Selada
Selada sangat efektif untuk menurunkan berat badan karena mengandung zat besi dan magnesium yang berfungsi membantu kerja uretik. Selain itu, selada juga bagus untuk mereka yang menderita batuk dan insomnia, membersihkan darah dan membuang kelebihan lemak dalam tubuh.
Bayam dan Kangkung
Kedua sayuran ini banyak mengandung vitamin A, vitamin C, mineral, zat besi, kalsium, dan kalium. Manfaat sayuran ini bagi tubuh adalah untuk menghilangkan berbagai penyakit pada tubuh, seperti asma, kolik, anemia, bronchitis pneumonia, konstipa I, osteoporosis, kelelahan, serta kekurangan  kalsium.
Seledri
Seledri memiliki kandungan natrium yang berfungsi sebagai pelarut untuk melepaskan deposit kalsium yang menyangkut pada ginjal dan sendi. Kalsium pada ginjal ini sendiri dapat menyebabkan gangguan fungsi ginjal. Seledri juga bermanfaat untuk penderita alergi kulit, eksim, psoriasis, sulit berkonsentrasi, hiperaktif, dan menghilangkan stres.
Jamur Tiram
Jamur tiram bermanfaat untuk mencegah hipertensi, penyakit jantung, mengurangi berat badan, menyembuhkan anemia, diabetes, dan anti-kanker. Jenis-jenis jamur lain, seperti jamur kuping, jamur merang, dan jamur shitake, dan jamur champignon juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.
Wortel
Wortek tak hanya baik untuk kesehatan mata karena memiliki vitamin A dan betakaroten yang tinggi. Masih banyak lagi manfaat sayuran berwarna oranye cerah ini, antara lain: mengobati eksim, mengobati cacingan (cacing kremi),  demam, luka bakar, nyeri saat haid, menghaluskan kulit, hingga untuk mengatasi hipertensi.
Sawi hijau
Sawi hijau bermanfaat untuk mencegah kanker, penyakit jantung, hipertensi, dan anemia.
Buncis
Buncis bermanfaat untuk mengobati diabetes. Dalam buncis terdapat zat B-sitosterol dan stigmasterol yang mampu merangsang pankreas untuk meningkatkan produksi insulin dalam tubuh.
Brokoli
Penelitian yang dilakukan oleh Royal Pharmaceutical Society menunjukkan bahwa brokoli bermanfaat untuk mengobati alzheimer dan meningkatkan daya kerja otak.
Pare
Sayur pare yang memiliki rasa pahit ini bermanfaat sebagai obat cacing, obat batuk, sariawan, obat luka, antimalaria, dan penambah nafsu makan.  Berbagai penelitian yang dilakukan di negara-negara seperti Jepang, Jerman, dan Inggris menemukan bahwa pare mengandung saponin, polifenol (antioksidan), glikosida cucurbitacin, flavonoid, charantin, dan momordicin yang bermanfaat untuk mengobati diabetes. Selain itu, kandungan protein momorcharin alfa dan beta serta protein MAP30 (Momordica Antiviral Protein 30) yang terdapat pada pare juga bermanfaat sebagai antivirus HIV.


7 Manfaat Sayuran Hijau



7 Manfaat Sayuran Hijau Citacinta
Rugi banget, deh, kalau kita nggak rutin mengonsumsi sayuran. Berikut ini keuntungan yang bisa kita dapatkan jika rajin memakan sayuran hijau. Semakin nyata warna hijau, makin tinggi kandungan nutrisinya.

- Dalam sayuran, terdapat vitamin yang bekerja sebagai antioksidan dengan cara mengikat lalu menghancurkan radikal bebas, dan mampu melindungi tubuh dari reaksi oksidatif yang menghasilkan racun di tubuh.

- Sayur sebagai sumber serat yang bebas lemak juga cocok banget buat menu diet yang sehat.

- Semua sayuran hijau mengandung kalori kurang dari 25 per porsi, jika dimakan tanpa tambahan lainnya. Makan seporsi sayuran hijau bisa menghasilkan kenyang yang sama dengan setangkup roti gandum.

- Sayuran kaya akan betakaroten, alfakaroten, dan lutein yang terbungkus dalam kantong pigmen hijau daun (klorofil). Jika di dalam tubuh terdapat benih kanker, maka benih tersebut akan memilih sel lemah, sehingga sel tersebut mudah dilumpuhkan.

Dengan banyak makan sayuran hijau, klorofil akan melindungi sel lemah dari serangan benih kanker.


- Serat kasar yang ada dalam sayuran nggak bisa terurai oleh sistem pencernaan kita, dan berfungsi sebagai karet busa di dalam usus. Dia akan menyerap zat buangan dan membantu gerakan peristaltik usus untuk mendorong sisa makanan ke luar tubuh.

- Selain konsentrasi lemak dalam darah bisa tetap terjaga, sayuran hijau menjaga kita terhindar dari berbagai penyakit akibat gangguan pada pembuluh darah, seperti hipertensi, diabetes, stroke, jantung koroner, dan katarak.

- Beberapa jenis sayuran hijau seperti sawi, bayam, dan brokoli mengandung kalsium yang diperlukan untuk membangun tulang yang kokoh. Makan sayur bisa mengurangi risiko menderita patah tulang, sekaligus membantu pertumbuhan gigi yang sehat dan kuat. CC

No comments:

Post a Comment